DAFTAR ISI

Rabu, 30 November 2011

Lingkungan, Isu Strategis yang Mengancam Kehidupan Manusia
Thursday, 17 November 2011, 2:34

tanam-waliCilegon |Permasalahan lingkungan menjadi isu strategis, dimana pemanasan global, krisis air atau kekeringan dan berbagai polusi mengancam kehidupan manusia dan lingkungan hidup.

Demikian pernyataan Walikota Cilegon H Tb Iman Ariyadi, pada acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia Tingkat Kota Cilegon Tahun 2011 dan dirangkaikan dengan BUMN Menanam, di Lapangan Sumampir, Rabu (16/10/11).

Oleh karena itu, Konservasi terhadap sumber daya alam menurut Walikota, bukan hanya tanggung jawab sekelompok orang atau pemerintah saja. Kepedulian berbagai pihak dalam mengurangi pemanasan global, kekeringan dan berbagai polusi dapat dimulai dari budaya menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan untuk menciptakan pembangunan Kota Cilegon yang bersih dan berwawasan lingkungan.

“Kegiatan BUMN seperti yang dilakukan PT ASEI ini, kami harapkan dapat menjadi momentum penting bagi semua pihak secara bersama-sama untuk berperan aktif dalam penanaman dan pemeliharaan pohon serta melakukan konservasi terhadap sumber daya alam dalam upaya menyelamatkan bumi dari perubahan iklim,” terangnya.

Lebih lanjut Walikota mengatakan bahwa, wujud kepedulian PT ASEI dan Pemerintah Kota Cilegon terhadap lingkungan dalam mengurangi pemanasan global merupakan tindakan nyata dan sinergis dalam mensukseskan program Pemerintah Pusat terhadap pelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini sejalan dengan misi ketiga agenda pembangunan Kota Cilegon yakni meningkatkan potensi daya saing daerah melalui pengembangan kepelabuhanan, pergudangan, penataan ruang dan pengelolaan lingkungan akan segera terbantu dan terealisir,” jelasnya.

Sebagai implementasinya, Pemerintah bekerjasama dengan PT ASEI telah melaksankan program BUMN menanam melalui kegiatan penanaman pohon mahoni sebanyak 1000 batang pohon mahoni yang berlokasi di sekitar kanan kiri jalan Kubang Laban Wilayah Kelurahan Kedaleman Kecamtan Cibeber, dan 100 buah tong sampah.

Sementara itu Direktur PT ASEI, Zafril Razid Amir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan partisipasi BUMN dalam ikut menghijaukan Indonesia.

“Menanam pohon perlu dilestarikan dan dikembangkan, bahkan Kecematan menanam pohon harus menjadi prioritas lebih dari pada kecepatan menebang pohon, agar indonesia yang terkenal hijau akan tetap hijau,” katanya.

Tidak hanya menghijaukan Kota Cilegon, Safril mengaku pihaknya juga ingin berpartisipasi dalam ikut mensejahterakan masyarkat Kota Cilegon. “Kami akan mengajak BUMN lainnya untuk datang ke Cilegon, untuk bersama-sama berperan dalam ikut mensejahterakan masyarakat, apakah melalui bantuan pembangunan fasilitas kesehatan, pendidikan maupun bantuan lainnya,” kata Zafril.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Walikota Cilegon, Sekda Kota Cilegon, Kepala DPRD Kota Cilegon, unsur Muspida, Kepala Badan/Dinas/Instansi, Pimpinan Perusahaan, tokoh masyarakat, pemuda dan organisasi wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar