DAFTAR ISI

Rabu, 30 November 2011

Upaya Perbaikan Kehidupan Manusia dengan Lingkungan PDF Cetak E-mail
Sabtu, 12 November 2011 14:43



GEMA-Selama beberapa dekade terakhir, penurunan kualitas lingkungan hidup yang signifikan telah tampak sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berbagai aktivitas yang terjadi di muka bumi.

Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Maliki Malang kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Green Technology 2 dengan mengangkat tema Eco-Technology for Sustainable Living (12/11).

Seminar tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari Seminar Nasional Green Technology 1 yang diadakan tahun 2010 lalu dengan tema Green Technology for Better Future.

Menurut Dekan Fakultas Saintek UIN Maliki Malang Sutiman Bambang Sumitro, dalam hal ini diwakili oleh salah satu dosen yang terlibat langsung dalam pelaksanaan National Conference Green Technology 2, Romaidi, menyatakan bahwa tema yang dimaksudkan kali ini mencakup tema-tema yang luas di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Tema-tema tersebut di antaranya pemanfaatan sumber-sumber energi alternatif, inovasi-inovasi teknologi tepat guna dan ramah lingkungan, penerapan konsep-konsep keberlanjutan di dalam penelitian, pendidikan, dan pembangunan, serta kebijakan-kebijakan berwawasan lingkungan dalam bidang ekonomi, sosial, politik, dan sebagainya.

Dalam penyelenggaraannya, tema besar ini akan dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu Green Architecture, Green Chemistry, Green Physics, Green Nanotechnology, Green Products and Materials, Green ICT and Modeling, dan sebagainya.

Romaidi menyatakan bahwa, melalu seminar ini diharapkan membawa hasil yang positif bagi berbagai kalangan, terutama untuk pencegahan dan perbaikan kerusakan lingkungan hidup di masa kini dan masa mendatang.

“Diharapkan upaya-upaya penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan ini dapat membawa manfaat yang jauh lebih besar bagi berbagai pihak, baik pada level konseptual maupun pada level operasional,” tutur Romaidi.

Kegiatan yang dihelat di Aula Lt. 5 gedung Rektorat ini dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB sampai sebelum dzuhur. Sesi pertama tersebut merupakan seminar utama, yang secara khusus menghadirkan tiga orang narasumber sekaligus pakar dalam bidang Green Technology, di antaranya Dosen Jurusan Kimia Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Sri Juari Santosa, Departemen Matematika Insitut Teknologi Bandung Udjiana S. Pasaribu, dan Presiden Direktur PT Agri Halba-Gunung Ringgit Plantation Dadang Mohammad.

Sedangkan sesi ke-2 merupakan seminar lanjutan yang pematerinya berasal dari peserta seminar yang telah mendaftarkan diri dilengkapi dengan makalah hasil penelitian dalam kegiatan ini.

Peserta yang mendaftar dalam seminar nasional ini berjumlah ratusan orang, yang terdiri dari dosen dan peneliti, yang bekerja di Balai Riset atau sejenisnya dari seluruh Indonesia.

Selain sebagai ajang reuni bagi para peneliti, seminar kali ini juga sebagai media utnuk mempublikasikan hasil penelitian terbaru mereka kepada sesama peneliti atau bahkan ke masyarakat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar